Cara Efektif dan Aman Menyusun Barang Bawaan dalam Mobil (10 Tips)

Membawa barang di dalam mobil adalah hal yang biasa. Salah satu keuntungan memiliki mobil keluarga selain dapat membawa penumpang adalah dapat membawa barang yang cukup banyak. Membawa barang belanjaan mungkin tidak terlalu membutuhkan ruang yang banyak dan penataan khusus. Namun jika anda membawa banyak barang khususnya untuk perjalanan yang jauh seperti pulang kampung atau berwisata, maka penataan barang yang efektif dan aman perlu diperhatikan. Bagaimana cara menata barang bawaan dalam mobil yang cukup banyak? Berikut beberapa tips cara efektif dan aman menata barang bawaan dalam mobil keluarga.

1. Maksimalkan Ruang yang Tersedia
Mobil keluarga pada umumnya memiliki jok belakang yang dapat dilipat sedemikian hingga dapat memaksimalkan ruang bagasi yang tersedia. Melipat kursi belakang tidak hanya bermanfaat memperluas ruang bagasi tetapi juga dapat mengurangi resiko jok belakang kotor atau rusak karena terkena benda cair atau benda keras.

2. Gunakan Kontainer
Menempatkan barang dalam kontainer tertentu dapat bermanfaat menjaga barang terhadap kerusakan atau menyebabkan kerusakan barang lain. Penggunaan kontainer juga bermanfaat untuk memisahkan barang berdasarkan kategori misalnya perkakas, makanan, alat elektronik, dan lain sebagainya. Menyimpan barang dalam kontainer juga membuat barang terlihat lebih rapi dan lebih mudah disusun secara bertumpuk.

3. Perhatikan Kenyamanan Penumpang
Upayakan untuk mengelola barang bawaan dalam mobil sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang. Barang-barang tertentu dapat menganggu kenyamanan penumpang karena bau yang tajam seperti durian, bahan kimia, minyak, dsb. Barang barang tertentu dapat mengganggu kenyamanan karena berisik seperti hewan peliharaan atau peralatan yang dapat menimbulkan suara berisik seperti mainan, alat dapur, kaleng, plastik, dan lain sebagainya. Hewan tanpa sangkar, balon, atau barang yang digantung dapat menganggu konsentrasi pengemudi dan mengganggu pandangan penumpang.

4. Pertimbangkan Kemudahan Akses
Beberapa barang mungkin akan anda perlukan saat di jalan misalnya makanan, pakaian bayi, kunci roda, dsb. Pertimbangkan untuk menempatkan barang yang mungkin diperlukan di jalan di tempat yang mudah diakses pada tumpukan barang bawaan.

5. Jangan Membawa Beban Berlebihan
Mobil keluarga tidak dirancang untuk membawa barang yang berat. Setiap mobil memiliki batas maksimum beban muatan (termasuk penumpang). Meskipun tidak melebihi daya angkut maksimum, membawa banyak muatan yang berat dapat mempengaruhi kenyamanan dan stabilitas pengendalian mobil.

6. Ratakan Beban
Upayakan untuk memberikan beban yang lebih merata pada semua ban mobil. Beban yang tidak merata pada ban mobil dapat menyebabkan salah satu ban menanggung beban berlebihan dan dapat menyebabkan stabilitas dinamis berkurang. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan  pengendalian dan kesulitan melakukan manuver.

7. Perhatikan Faktor Keamanan
Hindari membawa barang yang berpotensi menimbulkan bahaya seperti kebakaran atau gas beracun. Jangan pernah membawa BBM cadangan dalam jerigen. Beberapa bahan tertentu dapat meledak jika terpapar suhu tinggi baik karena panas mesin maupun karena panas matahari. Beberapa bahan yang dikemas dalam kaleng atau botol dapat meledak jika terlalu banyak menerima guncangan.

8. Buat Paket Berdasarkan Kategori
Pisahkan barang bawaan berdasarkan kategori tertentu seperti jenis (pakaian, makanan, mainan, elektronik), sifat (mudah pecah, mudah penyok), nilai (barang berharga, bukan barang berharga), atau kategori lainnya. Hal ini sangat penting untung menjaga keutuhan barang bawaan agar tidak rusak.

9. Buat Susunan Barang yang Rapi dan Stabil
Buat susunan barang yang rapi dan stabil sehingga barang-barang tidak mudah berserakan saat mobil melakukan manuver atau melewati jalan yang tidak rata. Menggunakan jaring barang (cargo net) dapat membantu meningkatkan stabilitas barang yang dibawa dalam bagasi mobil.

10. Jangan Membawa Barang yang Terlalu Besar
Mobil keluarga didesain untuk digunakan sebagai mobil penumpang. Hindari memaksakan diri membawa barang yang terlalu besar seperti motor, spring bed, lemari, dsb yang menyebabkan pintu mobil tidak dapat ditutup. Membawa barang yang terlalu besar dengan pintu mobil yang terbuka dapat menganggu aerodinamika mobil dan menambah panjang atau lebar mobil sehingga menganggu para pengguna jalan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>