Macam-Macam Dongkrak Manual

Dongkrak merupakan salah satu dari perlengkapan yang harus ada dalam sebuah mobil. Dongkrak sangat penting bagi sebuah mobil yang berfungsi untuk mengangkat bagian tertentu dari mobil. Dongkrak diperlukan saat mengganti ban atau saat memeriksa, merawat dan memperbaiki bagian tertentu  di bawah mobil atau di balik ban (suspensi, rem, kaki-kaki, dsb). Dongkrak juga dapat membantu mengangkat mobil yang terjebak di selokan, atau membantu manipulasi lainnya yang memerlukan pengangkatan atau penahanan (support) bagian tertentu dari mobil. Ada 3 jenis dongkrak manual yang umum digunakan mobil pribadi yaitu dongkrak gunting, dongkrak botol dan dongkrak buaya.

1. Dongkrak Gunting (Scissor Jack)
Dongkrak ini disebut dongkrak gunting karena gerakan membuka dan melipatnya mirip gerakan gunting. Karena bentuknya juga, dongkrak ini sering disebut juga dongkrak ketupat atau dongkrak jembatan. Dongkrak ini biasanya bawaan mobil (untuk jenis mobil pribadi), artinya dongkrak ini sudah tersedia di mobil saat anda membeli mobil sebagai bagian dari perlengkapan standar mobil. Dongkrak ini menggunakan sistem ulir untuk menghasilkan daya angkat. Untuk menghasilkan daya angkat, pengguna memutar poros ulir dengan bantuan tongkat engkol. Kelebihan dongkrak gunting ini antara lain perawatan sangat mudah, resiko rusak sangat kecil, dimensi kecil (bisa di letakkan di mana saja), dan gratis (kalaupun beli harganya paling murah). Karena dongkrak ini adalah bawaan mobil, biasanya telah disediakan tempat khusus untuk dongkrak ini di bawah jok, di bagasi, atau di dalam ruang mesin. Kekurangan dongkrak gunting adalah perlu usaha berat untuk memutar tongkat engkol saat mengangkat mobil, tidak ergonomis karena posisi tubuh sangat rendah saat memutar engkol (tongkat engkol harus horizontal).

2. Dongkrak Botol (Bottle Jack)
Dongkrak ini disebut dongkrak botol karena bentuknya mirip botol. Dongkrak botol menggunakan sitem hidrolik untuk menghasilkan daya angkat. Untuk menghasilkan daya angkat pengguna mengangkat dan menurunkan tongkat engkol. Ada beberapa kelebihan dongkrak botol. Dongkrak ini lebih enteng saat digunakan untuk mengangkat dan dimensinya relatif kecil. Dongkrak ini relatif ergonomis karena tuas engkol bergerak naik dan turun sehingga pengguna tidak perlu terlalu membungkuk. Menurunkan dongkrak sangat mudah, tinggal membuka katup dongkrak. Dongkrak ini tersedia dalam berbagai kapasitas angkat. Kekurangan dongkrak botol adalah lebih membutuhkan perawatan dan berpotensi bocor. Biasanya untuk memiliki dongkrak ini pemilik harus membeli sendiri dan harganya lebih mahal dari dongkrak gunting.

3. Dongkrak Buaya (Crocodile Jack)
Dongkrak ini disebut dongkrak buaya karena gerakan naik dan turunnya lengan angkat mirip dengan gerakan membuka dan menutupnya mulut buaya. Untuk menghasilkan daya angkat dongkrak ini menggunakan sistem hidrolik. Untuk menghasilkan daya angkat, pengguna menggunakan tuas engkol yang digerakkan naik dan turun. Kelebihan dongkrak buaya lebih enteng saat digunakan, mudah digeser (karena memiliki 4 roda), dan mudah untuk menurunkan lengan angkat (tinggal membuka katup dongkrak). Dongkrak ini tersedia dalam berbagai ukuran. Kekurangan dongkrak buaya adalah dimensi besar sehingga berat dan membutuhkan tempat penyimpanan yang luas, harganya mahal, lebih memerlukan perawatan dan berpotensi bocor.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>